Informasi SEDEKAH BUMI / NADRAN Tahun 2011

Karnaval Tradisi Nadran Di Cirebon


AJA KLALEN !!!!

        Di Cirebon, tiap tahun diselenggarakan acara nadran (pesta laut). Wujud dari rasa syukur warganya atas berkah/hasil laut yang didapat selama setahun. Nah, menjelang tradisi nadran diselenggarakan karnaval yang menampilkan Ratusan replika berbagai bentuk memeriahkan kegiatan tersebut. Replika-replika yang akan diarak tersebut merupakan hasil karya masyarakat dari sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Gunung jati, Kapetakan, Mundu, Gegesik, Tengah Tani, Suranenggala dan lainnya. Acara tersebut biasanya dihadiri semua Sultan Keraton yang ada di Cirebon (Kasepuhan, Kanoman, Kaprabonan, Kacirebonan).
         Karnaval melalui rute Makam Sunan Gunung Jati sampai di Krucuk (depan Gedung Negara). Tentunya melewati depan kompleks PERTAMINA. Karnaval tersebut diselenggarakan pada hari Jumat (23/12/2011) dan praktis melumpuhkan arus lalu lintas Cirebon - Indramayu sepanjang  siang sekitar pukul 14.00 hingga 18.00 WIB. Ribuan warga dari berbagai desa penasaran ingin menyaksikan jalannya acara pra nadran yang akan digelar hari Jum'at. Biasanya sejak pukul 13.00 WIB warga dari sejumlah kecamatan asal Kabupaten dan Kota Cirebon berdatangan ke kompleks kramat Astana Gunung Jati dan sepanjang pinggiran jalan Desa Astana hingga Desa Klayan yang menjadi rute arak-arakan yang diikuti berbagai desa dari sejumlah kecamatan tersebut.
Setiap tahun sejumlah desa mempersiapkan untuk disertakan dalam karnaval. “Arak-arakan ini sebagai pembuka tradisi nadran yang telah berlangsung bertahun-tahun, bahkan sejak zaman leluhur”.
          Pada malam harinya diadakan pertunjukkan kesenian rakyat seperti wayang kulit, wayang golek dan lainnya. Sedangkan pada Sabtu (1/1) diadakan acara nadran dan sedekah bumi. Acara tersebut sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat nelayan dan petani kepada Tuhan yang telah memberikan rejeki lewat hasil tangkapan ikan dan hasil bumi.

AYO Kabeh Tiang Cirebon SUKSESNANG NADRAN
Cirebon Tahun 2011.

Gambar Nadran tahun Lalu (2010)




0 Response to "Informasi SEDEKAH BUMI / NADRAN Tahun 2011"